Sekitar 1 windu lalu, kalau tidak salah di awal 2008, ketika saya masih tercatat sebagai mahasiswa tingkat 1 Ilmu Komputer IPB,  koran ini lah yang pertama mempublikasikan tulisan saya di media massa, di kolom khusus mahasiswa “Suara Mahasiswa”. Masih teringat jelas tulisan pertama saya berjudul “Adu Merdu, Penyayi Sumbang” yang mengkritik usangnya isu, agenda dan janji politik para politisi kita menjelang Pemilu 2009.

Hari ini, untuk pertama kalinya, tulisan saya alhamdulillah telah “naik kelas” ditandai dengan diberi kehormatan untuk mengisi kolom opini Koran ini. Terima kasih Sindo, koran yang tetap konsisten mendorong para mahasiswa agar terus aktif dan produktif menulis karena “menulis adalah untuk keabadian”, kira-kira itulah pesan Pramoedya A. Toer untuk kita.

Adapun opini saya tersebut bisa dibaca di sini , di website Koran Sindo, atau dengan perbesar gambar di bawah ini.Opini__2015_09_07_sindo_Gempuran-TKA-page-001

