Presiden Jokowi dalam beberapa hari terakhir baru saja berkunjung ke Iran. Secara bersamaan, konflik perang saudara di Syria, khusunya di Aleppo, terus membara dimana banyak orang mensimplifikasinya sebagai perang Syiah vs Sunni.

Random saja tiba-tiba jadi teringat buku “Tugas Cendikiawan Muslim” (Aslinya berjudul “Man and Islam”) karangan Dr. Ali Shariati yg diterjemahkan oleh Prof. Amien Rais. Setelah baca buku itu hingga khatam, gw berkesimpulan bahwa reformasi 98 yg digerakkan AR sgt diinspirasi revolusi Iran dimana Shariati adlh tokoh intelektual di belakangnya. Berikut kutipan Pak Amien dlm pengantar buku edisi bahasa indonesia tsb:

“Dr. Ali Shari’ati adalah seorang Muslim Syi’i sedangkan penerjemah adalah seorang Muslim Sunni. Dorongan untuk menerjemahkan buku ini bukanlah untuk menawarkan percikan-percikan pemikiran Syi’ah di Indonesia. Bagi penerjemah, perbedaan Syi’ah – Sunnah adalah warisan historis kuno yang telah menyebabkan lemahnya umat Islam sebagai satu keseluruhan. Yang perlu kita kerjakan bukan membongkar-bongkar konflik politik masa silam yang jelas tidak akan ada manfaatnya.”

Saya sih 1.000% setuju dgn Pak Amien. Kalo Menurut Mas Anang gimana?

Durham. 15 Desember 2016.images

Advertisements